Rabu, 18 Januari 2012

Mbolang ke Djogja :D

Salam semangaaatt :)

Aku mau cerita tentang liburan ke Jogja dari tanggal 13-15 Januari 2012.
Hmm...
Perjalanan yang cukup nekat, karena hari jumatnya baru dikasih tugas take home uas pkn n sabtu pagi berangkat -_-
Alhasil, ngerjakan pknx nyicil setelah ambil soal. Dan ternyata, karena begitu ruwet, ahirnya aku ngerjakan trus ketiduran #sepertinya disengaja tapi laptop tetep nyala. Hehehe
Ehya, setelah ambil soal aku, Neli n Valin ke stasiun beli tiker kereta. Dan ternyata harganya naek. Huuu
Awalnya Valin juga mau ikut ke Jogja, tapi ahirnya gatot. Tiketnya kebuang sia-sia :(
Afwan Valin...

130112
Jam 4am aku udah bangun. Trus mandi n sholat.
Sampe stasiun jam 5.45an, dan harus berdiri sambil nunggu kereta. Tak lupa, Tami selalu di'bully' dan jadi ajang tertawaanku n Neli. Hahaha...
Afwan Tami. Tapi Tami itu gak bisa marah deh kayanya, sabaaaaaaaaaaaaaaaaarrr bangeett, bener-bener calon istri idaman. Hehe
Ahirnya udah duduk di kereta, tapi di gerbong pertama dengan nomor tempat duduk 1A_1B_1C_1D -__- bener-bener kursi yang pertama dan dekat kamar mandi yang aromanya mengusik indera pembau. Hahahapes
Yang paling aku ingat di kereta, pas berhenti di stasiun mana gitu, ada mas-mas gitu yg ngeliatin aku dan dia duduk jongkok di antara tempat duduk penumpang di koridor. Bau rokok campur bau kamar mandi smembuatku terganggu dan aku memutuskan untuk menutup hidungku dengan jilbab. Kemudian ada sorang wanita yang sedang menggendong anaknya berkata, 'ayu-ayu kok gelem numpak kereta ekonomi'. Kemudian si mas-mas tadi menyemprot pengharum ruangan ke bawah tempat dudukku setelah disuruh sama mbak tadi. Lalu mas itu berkata kira kira begini, 'udah gak bau mbak, gak usah ditutupin lagi idungnya. kalo mau harum naek kereta bisnis atau eksekutif. kita di dalam kereta ini sama, kalo di luar jadi orang susah, kalo ke dalem jadi orang kaya. keluar lagi ya kere lagi. pak SBY juga pernah naek Pasundan kok mbak. DPR juga naek kereta. saya ini anakx ketua DPR, kakak saya ada yang polisi ada yang pengusaha sukses tapi adeknya ngembel gini.'. setelah diem, ngomong lagi yang intinya sama. Astagfirullah...
Ampuni hamba Yaa Allah...
Sungguh gak ada niatan untuk membuat orang lain sebel sama tingkah lakuku. Sumpah, gak ada niatan untuk sombong. Aku udah biasa naek kereta ekonomi Jember-Surabaya dan kereta Logawa ataupun Sri Tanjung kondisinya gak jauh beda sama Pasundan. Astagfirullah, bukannya aku sok. Aku hanya gak nyaman sama bau itu.
Kejadian itu benar-benar menjadi tamparan buat aku, untuk lebih bisa fleksibel dan lebih bisa beradaptasi. Meski niatnya tak buruk, tapi persepsi orang berbeda-beda, tingkat sensitifnya juga beda.
Oke, mari tinggalkan kejadian di kereta, beranjak pada stasiun Lempuyangan yang menandakan kami sudah sampai Djogja :D
Begitu sampai, kami langsung sholat. Setelah itu kita cari taktsi buat ke rumah Tami di daerah Bantul. Ternyata pada kasih harga mahal, sekitar 75ribu. Dan ahirnya ada bapak-bapak nawarin 50ribu aja dengan menggunakan mobil APV. Lumayan murah lah. Hehe
Rencananya, untuk hari senenx mau nyewa mobilnya pak itu lagi, pak Damar namanya. 12jam 225ribu dengan tawar-menawar yang cukup sengit antara pak Damar dan Neli. Hihihi

Sampe rumah Tami disambut sama ibu, bapak n budhenya Tami. Langsumg disuguhin teh anget, cemilan n salak. Ohh begitu istimewanya bukan?
Menikmati teh sambil ngobrol sama ibu. Kemudian dipersilakan makan, menunya ayam goreng, sup dan sambel, ada juga kerupuk. Dan ternyata ayamnya itu motong sendiri, gak beli, istimewa banget sekaligus gak enak akunya.
Jadi ceritanya udah pada mandi, aku mandi setelah Neli. Trus sholat. Kami mau beli duren di pasar celep jalan, meski jaraknya lumayan jauh. Trus aku bilang, "ayoo berangkat. aku udah sholat". Trus aku diketawain. Ehh ternyata aku terlalu rajin, belum waktunya ashar. Masih setengah jam lagi ternyata. Hahahaha inget di Sby sihh -_-
Ahirnya makan duren gede cuma berdua sama Neli soalnya Tami gak suka. And finally, bener-bener mabok duren. Ampyuuuuunn --"
Aku ikut sholat jama'ah di mushola deket rumah Tami bareng sama ibu n budhenya Tami. Ternyata udah pada tau kalo aku temennya Tami, berasa artis. Hahaha
Memang kekeluargaan di desa jauh lebih kental dari pada di desa. Dan di desa piring ini, semuanya serba sederhana, unik, damai, lembut dan menyenangkan :)
Okedeh udah malem jadi bobok dulu. Hehe

140112

Dari malem sampe pagi ujan deres gak berhenti-berhenti. Setelah ujan reda dan sarapan juga ahirnya kami berangkat ke pantai Kowaru naek motor :D
Ehya, kami emang niat gak mandi. Hahaha
Sepanjang jalan kebanyakan hamparan hijau padi yang membuat damai, udara yang sejuk n embun yang menyentuh mesra. Ditengah jalan ujannya deres lagi, ahirnya berteduh sebentar trus lanjut narsis-narsisan di pantai. Hehehe
Pemandangan yang cukup membuatku kagum adalah keberanian nelayan saat berjuang melawan ombak yang cukup ganas menggunakan perahu motor. Awalnya perahu motor itu ada di pinggir pantai di atas tanah, lalu sekitar delapan orang mendorongnya hingga menyentuh air dan dua orang lainnya sudah siap naek dengan baju pelampung yang sudah digunakan dan siap menantang ombak. Subhanallah...
Mereka berjuang untuk mencari ikan dan untuk mencari rejeki yang halal. Sungguh terharu :')

Sampe rumah Tami langsung mandi trus mau ke UGM naek bis dulu trus naek transjogja n keliling jogja naek transjogja pokoknya :D
Ohya, teh hangat, cemilan dan tahu cetak juga menyambut datangnya pagi. Sarapan menunya telor orak arik, tahu bacem, sambel, ayam goreng n tahu cetak yang di dalamnya ada telur puyuh. Istimewa sekali tiap harinya disini :)
Sempet naek dokar juga. Hihihi

Sampe juga di UGM, meu ke sumon (sunday morning) kaya pasar gitu. nah kirain jauh, jadi naik becak. Ternyata deket dan pak becaknya dikasih lima ribu gak mau, maunya sepuluh ribu. Ihh rese bgt :@
Disana cuma beli es jenang dan bakso aja trus sholat di masjid UGM. Huaaa masjidnya bagus, jadinya narsis-narsisan disana. Hiihi
Next trip ke pasar bering harjo, belanja serba batik. Khilaf beli banyak barang -_-
Udah capek, ahirnya pulang naik transjogja. Dan sangat menyiksa karena dibawa muter-muter jogja. Naik dari satu bis ke bis lain, dari yang duduk sampe bediri.
Dan sampe halte pojok beteng kulon udah malem jam 8.30pm jadi gak ada bis, ahirnya naik taksi 60rb =.=

150112

Ke prambanan + ratu boko sepaket Rp 45.000,- lumayan dari pada cuma di prambanan aja 30rb. Kebanyakan foto ahirnya capek juga. Pemandangannya bagus, peninggalan sejarah yang masih bisa dinikmati :)
Dan lagi-lagi belanja di pasar prambanan di dalem prambanan. Ternyata lebih murah dari pada disekitar beringharjo -_- jadi inget kata-kata raditya dika nih. Jadi ngomel-ngomel sendiri gara gara di tempat laen harganya gak semahal di tempat yang kita beli sebelumnya. Hahaha sudah insting sepertinya bagi cewek-cewek XD
Gak diridhoi beli sate klatak yang kata Neli, ahirnya langsung ke masjid gedhe n keraton. Ehya, makan siangnya adalah guged yang mantab :)
Ternyata udah kesorean, jadi cuma masuk ke bagian depan keraton, dua pendopo aja, padahal masih luas itu keraton :( seddih...
So, beli oleh-oleh di bakpia pathok 25 n ke alun alun (selatan kalo gak salah >.< ) beli ronde. Mantab banget ujan-ujan sambil beli ronde. Hehehe
Entah awalnya gimana, ahirnya kita sangat tertarik pada 'mas angin'. Eits, ini bukan orang, tapi semacam tradisi, yaitu dengan tutup mata menggunakan penutup mata yang sengaja disewakan seharga tiga ribu, kemudian berjalan dari tepi alun-alun dengan mata tertutup dan finishnya adalah hingga kaki menginjak rumput. Mitosnya, jika bisa melewati celah antara dua pohon beringin yang dibatasi tembok itu maka jodoh kita akan baik. Aamiin :)
Jadi, kita pake payung dan saling bergandengan jalan menuju rumput itu. Hehehe
Kita juga ditemenin bapak yang biasanya memandu tapi dari kejauhan. Sepertinya bapak itu memandu kami, tapi suaranya sudah tak terdengar dan kita dengan PDnya saling merasakan kemana langkah kaki ini berjalan. Kekiri, kenanan, entah kemana kita yang pasti saling merasakan condong arah yang kami pijak dalam gelap. Dan ternyata, kaki kami sudah menginjak rumput dan dengan reflek kami loncat-loncat girang sambil membuka penutup mata. Bapak tadi memberikan selamat pada kami, berjabat tangan sekaligus berdoa dan mengatakan bahwa tadi kami hampir menabrak tembok pohon beringin tapi ahirnya kembali ke jalan lurus. Hehehe
Di seberang si ibu juga menyambut dengan sumringah, berjabat tangan, mengucapkan selamat dan berdoa :')
Kami gak percaya sama mas angin, kami hanya memberikan sugesti yang baik tentang jodoh dengan melakukan hal itu, tetap yang pasti jodoh sudah menjadi kehendakIllahi Robbi :')

Fine, sampe malioboro ke mall dulu numpang duduk sambil nonton acara pentasan anak-anak dengan tema imlek. Terus ke emperan cari oleh-oleh :D
Makan malem di tempat mahal meski tempatnya di angkringan. Trus menuju stasiun Lempuyangan. Balik ke Surabaya deh :D
Capeeeeeeeeeeeeeeekkk...
(capek nulisnya kepanjangan, afwan :)