Kamis, 17 Mei 2012

Mengenal 10 Bintang Paling Terang di Kerajaan Langit :)


Adakah yang tahu, bintang-bintang apa sajakah yang paling terang di langit ?
Berikut adalah 10 bintang paling terang di kerajaan langit :

1.  Bintang Sirius
Sirius (α CMa / α Canis Majoris / Alpha Canis Majoris) bisa juga disebut bintang anjing atau dalam bahasa Arab disebut Syi’ra. Bintang ini terletak di rasi Canis Major dan merupakan sistem bintang ganda dengan komponen primer bintang deret utama kelas A dan komponen sekunder sebuah katai putih. Berdasarkan perubahan gerak dirinya, pada 1844 Friedrich Wilhelm Bessel menarik kesimpulan bahwa Sirius kemungkinan memiliki pasangan. Hampir dua dekade kemudian, pada 1862, Alvan Graham Clark menemukan pasangan redup tersebut yang kemudian dinamai Sirius B, yang dikenal dengan panggilan sayang “Sang Anak Anjing”. Komponen yang terlihat saat ini kadang-kadang disebut sebagai Sirius A.
Astronom-astronom di Observatorium Gunung Wilson menemukan pada 1915 bahwa Sirius B adalah sebuah katai putih. Diameter Sirius A pertama kali diukur oleh Robert Hanbury Brown dan Richard Q. Twiss pada 1959 di Jodrell Bank menggunakan interferometer intensitas mereka. Pada 2005, menggunakan Hubble Space Telescope, astronom menemukan bahwa diameter Sirius B hampir sama dengan diameter Bumi, yaitu sekitar 12.000 kilometer, dengan massa 98% Matahari.
Bahkan dalam Al-Qur’an jelas tertulis tentang Sirius atau Syi’ra :
Dan bahwasanya Dialah Tuhan (yang memiliki) bintang Syi'ra (QS. An Najm, 53: 49 )


2.  Bintang Canopus
Canopus (α Car / α Carinae / Alpha Carinae) adalah bintang paling terang di rasi Carina, dengan magnitudo tampak −0.72. Penampakan terbaik Canopus adalah pada 28/29 Desember, tengah malam. Bagi yang berada di hemisfer selatan, dimungkinkan untuk dapat melihat dua bintang paling terang, Sirius dan Canopus dalam satu malam. Bintang kuning-putih ini berasal dari legenda Perang Troya. 



3.  Rigil Kentaurus
Rigil Kentaurus atau Alpha Centauri (α Cen / α Centauri); (dikenal juga sebagai Rigil Kentaurus, Rigil Kent, atau Toliman) adalah bintang paling cerah dalam rasi Centaurus. Nama Rigil atau rigel diambilnya dari bahasa Arab yang merujuk pada kaki dengan magnitudo gabungan -0,27.



4.  Bintang Arcturus
Arcturus atau bintang Biduk (α Boo / α Boötis / Alpha Boötis) (IPA: [aɹkˈtjuɹəs]) adalah bintang paling terang di rasi Boötes, dengan magnitudo tampak −0.05  yang merupakan salah satu dari rasi bintang tertua di langit malam. Arcturus adalah sebuah bintang raksasa merah dengan kelas spektrum K1,5 IIIpe. Penampakan terbaiknya adalah sekitar bulan April.
Arcturus berasal dari bahasa Yunani kuno Αρκτορος (Arktouros), berarti "penjaga beruang". Nama ini merepresentasikan kecemerlangan bintang ini di rasi Boötes (berada di kaki kiri sang penggembala) dimana sang penggembala berada di depan sang Beruang Besar dan sang Beruang Kecil (rasi Ursa Major dan Ursa Minor).
Di daerah Arab, bintang ini merupakan salah satu bintang yang disebuk al-simāk "yang ditinggikan", di samping Spica. Arcturus, kemudian disebut السماك الرامح as-simāk ar-rāmiħ "salah satu pelempar lembing yang ditinggikan". kemudian diromanisasi menjadi Aramec dan Azimech. Nama Arab lainnya adalah Haris-el-sema, from حارس السماء ħāris al-samā’ "penjaga langit."




5.  Bintang Vega
Vega adalah bintang paling terang di rasi Lyra, sebuah rasi kecil namun penting yang terletak di antara rasi Hercules dan Cygnus. Bintang dengan magnitudo 0.04 yang terletak sejauh 26 tahun cahaya ini merupakan bintang paling cemerlang nomor lima di langit malam. Karena pengaruh perubahan pada sumbu rotasi bumi, maka Vega diperkirakan akan menjadi bintang kutub dalam jangka waktu 12.000 tahun mendatang. Nama Vega atau Wega diperkirakan berasal dari bahasa Arab, wāqi, yang berarti "jatuh". Nama ini berasal dari kalimat لنسر الواقع an-nasr al-wāqi‘ yang berarti "elang yang jatuh".


6.  Bintang Capella
Capella (α Aurigae / α Aur / Alpha Aurigae / Alpha Aur) adalah bintang yang paling terang di rasi Auriga. Nama Capella berasal dari bahasa Latin yang artinya kambing betina. Capella adalah bintang raksasa kuning, seperti matahari kita sendiri. Sebenarnya ia adalah sebuah bintang ganda, terdiri atas dua bagian yang saling edar setiap 104 hari. Jauh Capella 45 tahun cahaya.
Nama Capella berasal dari bahasa Latin Capra yang berarti kambing betina kecil (English: female goat). Capella berada pada posisi bahu kiri sang pengendara kereta perang, atau merupakan kambing yang digendong oleh sang pengendara kereta perang. Pada mitologi Yunani, bintang ini merepresentasikan seekor kambing Amalthea yang digendong oleh Jupiter.
Nama tradisional dari Capella adalah Alhajoth (juga disebut Alhaior, Althaiot, Alhaiset, Alhatod, Alhojet, Alanac, Alanat, Alioc), dimana nama ini berasal dari bahasa Arab العيوق, al-cayyūq. cAyyūq dan mungkin merupakan Arabisasi dari kata bahsa Yunani αίξ aiks "kambing", kemudian menjadi Αίγα Aiga, "feminisme sang kambing".


7.  Bintang Rigel
Rigel (pengucapan /ˈraɪʤəl/) (β Ori / β Orionis / Beta Orionis) adalah bintang paling terang di rasi Orion dan bintang paling terang keenam di langit malam, dengan magnitudo visual 0.18. Meskipun memiliki penamaan Bayer "beta", Rigel hampir selalu lebih terang daripada Alpha Orionis (Betelgeuse). Nama Rigel berasal dari kata Riǧl Ǧawza al-Yusra, berasal dari bahasa Arab yang berarti "kaki kiri". Ini menunjukkan tempat dalam konstelasi Orion. Rigel merupakan maharaksasa biru dan bagian dari sistem bintang 4.


8.  Bintang Procyon
Procyon (α CMi / α Canis Minoris / Alpha Canis Minoris) adalah bintang paling terang di rasi Canis Minor. Dengan mata telanjang tampak sebagai bintang tunggal dengan magnitudo tampak 0,34. Procyon sebenarnya adalah sebuah sistem bintang ganda yang terdiri dari sebuah bintang deret utama dengan kelas spektrum F5 IV-V, dinamai Procyon A, dan sebuah katai putih dengan kelas spektrum DA yang dinamai Procyon B. Pada jarak 3,5 parsec atau 11,41 tahun cahaya, Procyon menjadi salah satu bintang tetangga Matahari. Tetangga terdekat Procyon adalah Bintang Luyten, pada jarak 0,34 pc atau 1,11 tahun cahaya.
Nama Procyon berasal dari bahasa Yunani προκύον (prokyon), berarti "sebelum sang anjing (muncul)", "sang anjing" merepresentasikan "Dog Star" Sirius sehingga dapat diartikan "(berada) sebelum (bintang) anjing". Bersama Sirius, Procyon disebutkan pada banyak literatur kuno Babilonia dan Mesir Kuno.
Selain itu, nama Antacenis dan nama Arab Al Shira dan Elgomeisa digunakan. Antacenis berasal dari turunan bahasa Arab الشعرى الشامية aš-ši‘ra aš-šamiyah "tanda Sirius, Syria (merepresenasi lokasi bintang ini di utara Sirius). Elgomeisa berasal dari turunan bahasa Arab الغميصاء al-ghumaisa’ "yang bermata muram", sangat kontras dengan العبور "yang berair mata" (Sirius).



9.  Bintang Achemar
Bintang paling terang kesembilan di langit malam adalah Achernar. Bintang ini adalah putih kebiruan yang sangat terang yang sekitar 69 tahun cahaya dari Bumi.
Bintang ini merupakan bintang yang misterius, karena untuk mengetahui lebih banyak tentang Achemar sangatlah susah.


10.  Bintang Betelgeuse
Betelgeuse (Alpha (α) Orionis) adalah bintang yang terletak 427 tahun cahaya dari Bumi. Bintang ini merupakan bintang paling terang kedua di rasi bintang Orion. Ia adalah super-raksasa merah sekitar 13.000 kali lebih terang dari matahari kita dan lebih dari 1000 kali lebih besar. Jika Anda ditempatkan Betelgeuse di tempat matahari kita, akan memperpanjang masa orbit Jupiter.
Nama Betelgeuse berasal dari kata Bait al-Jauzā, berasal dari bahasa Arab yang berarti "rumah sang raksasa".


Itulah kesepuluh bintang paling terang di kerajaan langit. Kesepuluh bintang yang menarik bukan ? Jika anda tertarik, anda dapat PDKT dengan mereka lebih jauh. Hehehe ^^



Referensi :
dhani.singcat.com/astro/dict.php



2 komentar: